4 Tips Cantik Beras Untuk Cara Memutihkan Kulit

Caramerawat.net – Konon cara memutihkan kulit para wanita Jepang sangat alami. Agar kulit sebening kristal, mereka teratur mencuci muka dan mandi dengan gebyuran air cucian beras. Menarik, beautifully nature!

Tapi cara memutihkan kulit tersebut bukan cuma milik orang Jepang saja loch. Para wanita Indonesia zaman nenek moyang dahulu juga sering memakai air beras untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit langsat mereka. Namun sekarang ini cara alami mandi air tajin kurang diminati atau mungkin kurang dipercaya, apalagi kalah saing dengan aneka ragam iklan kosmetik pemutih kulit.

Mungkin Anda pun termasuk lebih suka membeli produk pemutih kulit daripada mencoba manfaat air beras. Saat mencuci beras, air bening agak keruh langsung dibuang karena dianggap kotor dan tidak berguna. Wah, nanti dulu!

Sebagai informasi, banyak penelitian kesehatan membuktikan kalau air beras mengandung beragam vitamin dan mineral. Antara lain protein, glutein, dan selulosa. Kandungan ini bisa memperindah rambut, menghaluskan kulit tubuh, dan mencerahkan wajah tanpa efek samping. Asalkan tidak diminum mentah maupun rebusan.

Selain ketiga nutrisi tadi, jika mengutip dari laman drozindonesiatranstv (com), beras putih juga mengandung orizano. Mineral orizano akan membantu proses keseimbangan dan perkembangan sel melanin. Mengapa penting?

Pigmen melanin pada wajah berupa flek hitam adalah hasil dari kulit yang menangkal sinar ultraviolet secara langsung. Tapi jika terlalu sering terpapar sinar matahari langsung, pigmen melanin di kulit justru akan kalah oleh persebaran sel kanker. Maka untuk menghindari masalah kulit dan mencegah potensi kanker, para wanita yang harus beraktifitas rutin di bawah panas matahari dan polusi, sangat dianjurkan untuk melindungi kulit dengan air beras.

Kandungan tinggi mineral orizano akan melindungi kelembaban kulit tubuh, bahkan juga rambut. Bahkan bermanfaat lebih dari pencerah, air beras sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh bagian luar (ingat, jangan coba diminum). Mandi air beras juga tepat dipergunakan para pria yang setiap hari bekerja di luar ruang dan bergelut dengan sinar ultraviolet.

Cara Memutihkan Kulit

 

Cara Memutihkan Kulit

Tiga Jenis Beras, Satu Manfaat

Pertama, ada beras putih. Merupakan jenis paling umum dikonsumsi. Dan air beras menyumbang manfaat untuk membersihkan kulit berminyak. Kedua, ada beras merah. mengandung nilai karbohidrat paling minim, bermanfaat untuk melembabkan kulit kering. Ketiga, ada beras hitam. Menurut sejumlah penelitian jenis beras ini mengandung mineral dan vitamin lebih besar daripada beras putih dan beras merah. Maka beras hitam sangat bermanfaat untuk menyehatkan semua jenis kulit.

Nah, setelah kenal lebih dekat sekelumit manfaat beras bagi kecantikan wanita yuk ikutin 10 tips cantik beras untuk cara memutihkan kulit !

1. Penyegar dan Masker Beras

Suatu studi dermatologi pada pasien dengan dermatitis atopik (kulit merah, meradang) mengungkap hasil bahwa menerapkan air beras selama 15 menit bisa meringankan iritasi kulit.

Cara menglah air beras sangat mudah. Cukup ambil dua sampai tiga genggam beras lalu masukkan ke dalam wadah baskom, seperti cara umumnya mencuci beras. Siapkan saringan berukuran agak besar. Cuci beras dengan air mengalir. Saring air cucian beras, tempatkan di baskom lain.

Lakukan penyaringan ini sebanyak tiga kali untuk menjamin kebersihan dari kotoran kecil dan kutu beras. Bila air tersisa cukup banyak tempatkan dalam satu atau dua botol kaca. Simpan dalam kulkas.
Gunakan air beras untuk membasuh wajah setiap pagi atau sore hari. Setelah membasuh wajah, diamkan dulu selama 30 menit. Bilas bersih.

Air beras yang dihangatkan juga bisa membantu Anda mengatasi masalah komedo serta jerawat. Manfaatkan sebagai toner atau penyegar yang dicampur dengan dua tetes air sari mawar putih. Usap merata dengan kapas, ke seluruh permukaan kulit wajah. Setelah itu usapkan juga susu pembersih. Bilas bersih menggunakan dengan facial foam dan keringkan wajah.

Selain memanfaatkan air tajin murni, Anda juga bisa membuat masker atau lulur alami dari endapan pati beras.

  • Ambil wadah berupa mangkuk ukuran sedang. Tuang secukupnya air cucian beras. Kemudian masukkan ke dalam kulkas dan biarkan selama satu malam hingga pati beras kelihatan mengendap di dasar wadah
  • Pelan-pelan buang air beras karena yang digunakan hanya endapan pati beras untuk lulur tubuh. Setelah membasuh diri dengan air beras, balurkan pada tangan dan kaki. Pertama kali jangan terlalu banyak untuk menghindari resiko alergi.
  • Lihat reaksi masker pada kulit tangan dan kaki, selama satu hari. Jika sudah pasti tak menimbulkan masalah pada kulit (misal gatal, karena Anda bertipikal kulit sensitif), anda bisa mengaplikasi masker pati beras ini untuk mencerahkan wajah kusam.
  • Lakukan cara merawat kulit wanita, maksimal tiga kali saja dalam seminggu, dengan memberikan jeda waktu kosong selama dua hari. Menggunakan air cucian beras atau masker ini setiap hari sangat tidak dianjurkan, karena kulit bisa menjadi kering.

2. Masker Beras Tumbuk

Masker ini bermanfaat untuk membuat kulit lebih lembut dengan cara mengusapkan beras tumbuk ke seluruh permukaan wajah.

  • Ambil semangkuk kecil beras putih. Persiapkan alat penumbuk (bisa juga menggunakan cobek)
  • Tuangkan beras ke alat menumbuk. Mulailah menumbuk hingga beras menjadi cukup halus
  • Ambil kain lembut berbahan katun, kemudian tuang tumbukan beras ke atas kain katun itu, lalu bungkus seperti kain kompres
  • Siapkan air hangat dalam mangkuk, jika ada tambahkan dua tetes madu, sebagai pelembab alami
  • Celup kain katun berisi beras tadi sekitar 1 menit saja. Usapkan beras yang masih dibungkus kain katun secara perlahan, pada kulit wajah atau bagian tubuh lainnya

3. Peeling Tepung Beras dan Kunyit

Masih dalam rangkaian cara memutihkan kulit dengan beras, Anda juga bisa menggunakan tepung beras. Dan secara istimewa tepung beras bisa dicampurkan rempah alami kaya antioksidan seperti kunyit. Gunakan sebagai peeling untuk mengangkat sel kulit mati, caranya sangat mudah.

  • Siapkan tepung beras dan kunyit halus
  • Campurkan 1-2 sendok makan tepung beras dengan 1 sdt bubuk kunyit atau parutan kunyit
  • Tambahkan dua sendok makan perasan lemon (bisa diganti air jeruk nipis) sehingga adonan bercampur tapi jangan terlalu lembut. Balurkan sambil dipijat pelan pada tangan atau kaki selama 15 menit. Bilas bersih.

4. Peeling Beras dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil merupakan pelembab terbaik untuk kulit tubuh. Apalagi jika diramu bersama masker beras. Alhasil kulit wajah akan tetap lembab alami sekaligus lebih cerah.

  • Haluskan beras dengan cara ditumbuk atau diblender terlebih dahulu, lalu campurkan dengan minyak zaitun secukupnya.
  • Setelah bahan tersebut tercampur rata maka bisa langsung dioleskan pada kulit tangan secara merata.
  • Diamkan hingga mengering selama 30 menit. Setelah terasa kering, bilas menggunakan air hangat. Supaya hasil maksimal setidaknya terapkan cara ini tiga kali dalam seminggu.

Setelah mengetahui informasi tentang cara memutihkan kulit menggunakan beras, sayang bukan untuk membuang airnya. Kalau tanaman saja bisa tumbuh subur oleh nutrisi air beras, tentu kulit kita juga bisa menjadi lebih segar alami!

4 Tips Cantik Beras Untuk Cara Memutihkan Kulit | admin CM | 4.5