Cara Menghilangkan Jerawat dan Komedo Tanpa Facial

Caramerawat.net – Sedang menimbang cara menghilangkan jerawat lewat facial treatment di salon kecantikan? Mungkin Anda bisa menunda beberapa waktu. Untuk jerawat biasa berukuran besar hasil dari perawatan facial ini cukup riskan iritasi. Belum lagi bila terapis tak cukup handal maka sering terjadi bekas jerawat malah meninggalkan jejak noda hitam permanen.

Pertimbangan cara menghilangkan jerawat dan komedo dengan facial, Anda pun harus siap menahan rasa sakit mencekit selama pembersihan. Persisnya saat tusukan jarum berusaha mengeluarkan jerawat putih dari sekitar area dahi, hidung dan dagu. Hal ini membuat sebagian besar wanita enggan mencoba facial untuk kedua atau ketiga kali.

Dan lagi sangat wajar jika Anda telah melakukan facial namun seminggu kemudian komedo masih membandel. Ada macam-macam kondisi pemicu jerawat antara lain karena kurangnya kebersihan kulit, bakteri, faktor hormonal, alergi makanan, alergi kosmetik, dan lain sebagainya. Dan pada dasarnya komedo maupun jerawat pasti akan muncul ketika folikel di bawah kulit tersumbat. Tumpukan sel-sel kulit mati ditambah lagi produksi kelenjar minyak yang sangat aktif, bersama debu dan kotoran menyumbat pori-pori.

Bentuk komedo berdampingan jerawat amat sangat mengusik citra mulus yang seharusnya jauh dari kedatangan “tamu-tamu tak diundang”. Bahkan kebanyakan jerawat terbentuk pada wajah, leher, punggung, dada dan bahu pada kulit siapapun. Tetapi jerawat paling sering muncul pada kulit remaja dan dewasa muda.

Oleh karena itu penanganan masalah jerawat pun tidak mudah. Penggunaan obat dan treatment seperti facial seringkali justru membuat jerawat tidak kunjung sembuh malah bertambah parah. Misalkan sebagai cara menghilangkan jerawat tanpa rasa sakit maupun efek samping memakai produk anti-jerawat disarankan untuk mengempiskan bengkak yang cukup besar.

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Nah, bagaimana ketepatan sejumlah saran untuk memakai odol atau pasta gigi pada jerawat?
Adapun pasta gigi mengandung triklosan yang merupakan senyawa antibakteri, sebenarnya juga bisa membantu mengatasi jerawat. Kandungan menthol pun dapat membantu mengeringkan kulit sehingga mengurangi ukuran jerawat.

Hanya terkadang ada juga efek samping karena tidak semua komposisi kandungan pasta gigi aman dan justru berpotensi iritasi kulit.

Jika ingin memanfaatkan pasta gigi maka penting diperhatikan tentang komposisi pasta gigi dalam pengobatan jerawat. Sebaiknya hanya gunakan pasta gigi yang berbentuk pasta, jangan pasta gigi berbahan gel. Oleskan sedikit saja pada malam hari sebelum tidur.

Tetapi jika Anda ragu untuk mencoba pasta gigi pada jerawat, tentu akan lebih baik memfokuskan perhatian pada obat jerawat. Temukan krim anti jerawat yang mengandung benzoil peroksida. Bahan benzoil peroksida sangat efektif membunuh bakteri termasuk juga menyerap minyak sehingga bekerja lebih aman untuk melenyapkan jerawat maupun komedo.

Memiliki sifat kulit yang sangat sensitif tak selalu bisa menerima beragam obat maupun treatment. Pada kondisi ini sejumlah bahan-bahan alami dapat menjadi alternatif yang terbaik. Apalagi cukup mudah membuat sendiri masker alami untuk wajah berjerawat. Tentu jauh lebih aman dan murah.

1. Bersihkan Wajah Sesuai Tipe Kulit

Wajah bersih adalah cara mendasar untuk mencegah pertambahan semarak jerawat ukuran besar maupun kecil. Sebab umumnya tipikal kulit berminyak akan lenih mudah mengundang kedatangan jerawat dan komedo lebih cepat tapi lebih susah dihilangkan dari wajah.

Maka pada perawatan kulit berminyak dapat menggunakan produk sabun, pembersih, maupun pelembab yang memastikan bebas dari kandungan minyak (oil free) maupun memang bermanfaat untuk mengontrol kelebihan minyak pada wajah. Pakai secukupnya dan sesuai kebutuhan kulit agar pembersihan dapat berjalan menyeluruh untuk menyegarkan kulit wajah yang mengalami iritasi karena jerawat.

Cara Membersihkan Wajah :

  • Segarkan kulit wajah menggunakan usapan toner. Pembersih dan penyegar ini dapat meringankan efek debu dan partikel kotoran di pori-pori
    • Gunakan kapas untuk mengusapkan susu pembersih secara menyeluruh pada wajah sampai bagian leher. Tapi usahakan tidak langsung menyentuh jerawat yang sedang membengkak
    • Oleskan penyegar sari mawar putih di kulit wajah untuk mengangkat sisa-sisa susu pembersih
    • Cuci muka dengan facial foam khusus kulit berminyak dan berjerawat
    • Keringkan wajah dengan handuk pelan-pelan saja. Jangan terlampau keras menggosok wajah tetapi tepuk perlahan-lahan sampai benar-benar kering

2. Scrub Wajah

Perawatan komedo dengan produk scrub khusus wajah. Scrub dapat menghilangkan sel kulit mati dan meregenerasi sehingga tumbuh sel kulit baru. Sel kulit mati dapat memperburuk keadaan komedo jika tidak segera diangkat. Cara menscrub wajah tepatkan di bagian dahi, hidung dan dagu. Namun perlu diingat, scrub wajah tidak dianjurkan untuk jerawat yang sedang meradang karena iritasi bisa semakin parah oleh butiran scrub yang agak tajam.

3. Lidah Buaya

Solusi alami pembersihan jerawat tanpa facial yang berikut ini menyarankan Anda untuk menggunakan lidah buaya saat mengontrol jerawat membandel. Lidah buaya diketahui mampu mengatasi segala bentuk radang pada kulit. Lidah buaya juga ampuh meredakan jerawat yang memerah, kelihatan bengkak dan terasa sakit. Olesan gel lidah buaya mampu meredakan peradangan ini, menjadikan kulit wajah tidak terlalu merah, dan rasa sakit pada jerawat bisa mereda.

Selain mempunyai kemampuan alami untuk melindungi dan mengobati radang kulit, tanaman lidah buaya juga berfungsi meregenerasi sel-sel kulit baru. Kemampuan alami ini yang membuat lidah buaya mampu menyembuhkan jerawat meradang maupun komedo paling membandel tanpa meninggalkan bekas hitam pada wajah.

Caranya :

  • Bersihkan wajah dan leher secara menyeluruh dengan menggunakan penyegar, susu pembersih, serta facial foam yang sesuai jenis kulit Anda
  • Cuci bersih satu daun lidah buaya lalu potong-potong menjadi beberapa bagian, dalam ukuran sedang.
  • Kupas bagian kulit kasar yang berwarna hijau. Akan diperoleh gel lidah buaya.
  • Gosokkan secukupnya pada area peradangan jerawat dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Biarkan gel lidah buaya mengering selama 15 menit.
  • Lakukan perawatan ini beberapa hari berikutnya sampai jerawat terasa mengering lalu mengelupas

4. Baking Soda dan Tomat

Baking soda mampu menyerap kelebihan minyak dalam kulit wajah termasuk membunuh bakteri. Bahkan tidak hanya ampuh mengeringkan jerawat dan mengangkat komedo, baking soda juga bisa membuat kulit jadi lebih halus.

Sedangkan buah tomat mengandung vitamin A, C, K, dan lycopene yang biasa digunakan oleh banyak produk anti-jerawat. Adapun kandungan zat asam pada satu buah tomat akan sanggup mengeringkan segala bentuk jerawat. Mudahnya, cukup mengiris buah tomat dan menempelkan ke bagian berjerawat selama 20 menit saja, kemudian bilas bersih.

Cara Membuat Masker Baking Soda dan Tomat :

Tuang di wadah mangkuk sebanyak dua sendok makan baking soda yang dicampur dengan sedikit air. Peras air tomat dan campur bersama baking soda. Tambah sedikit air hangat kemudian aduk sehingga membentuk seperti pasta. Oleskan ramuan ini ke atas permukaan wajah berkomedo. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas.

Demikian beragam cara menghilangkan jerawat dan komedo tanpa facial. Namun jika Anda memang ingin mencoba facial sekali waktu, dianjurkan pada saat kondisi kulit sedang normal atau tanpa adanya indikasi peradangan jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Komedo Tanpa Facial | admin CM | 4.5