Cara Merawat Gigi Behel Agar Tetap Bersih

Caramerawat.net – Menaruh perhatian pada cara merawat gigi behel harus ekstra cermat. Gigi behel atau gigi berkawat sedang mengalami penanganan khusus sehingga jauh lebih sensitif daripada biasanya. Kalau kebersihan mulut dan posisi behel kurang terjaga maka selanjutnya sia-sia saja pemasangan behel tersebut.

Karena bersifat sangat sensitif ada banyak tantangan dalam cara merawat gigi behel. Pada awal-awal memakai behel berbagai pantangan bisa jadi sangat sulit. Dan yang paling berat adalah mengatur makanan. Karena pengguna behel harus patuh pada ketentuan sumber makanan agar tidak merusak behel yang baru terpasang.

Cara Merawat Gigi Behel

Kewajiban pertama dan utama adalah memakan makanan lembut. Dalam menjalani cara merawat gigi behel sejumlah makanan harus dihindari yaitu yang bersifat lengket, pekat, dan mengandung banyak gula.

Antara lain mengunyah permen karet, makanan keras, serta makanan yang perlu dikunyah atau dipotong langsung dengan gigi. Sedangkan khusus minuman harus menghindari segala kandungan gula dalam soda termasuk jus buah alami karena kadar gula dan asam sangat tinggi.

Tetapi meski memakan pengorbanan dan usaha keras, namun perawatan behel gigi dengan benar akan mencegah radang gusi, gigi keropos, hingga dekalsifikasi gigi, atau timbul bercak-bercak putih pada gigi setelah behel gigi dilepas.

Tips Cara Merawat Gigi Behel Agar Tetap Bersih

1. Kebersihan Mulut

Menggosok gigi tiga kali sehari kemudian berkumur dengan obat kumur. Kedisipinan ini selain untuk mencegah pertumbuhan kuman dalam organ mulut juga untuk menghindari bau mulut

Gunakan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung fluoride untuk mencegah plak, pembusukan gigi, serta penyakit gusi sekaligus menyegarkan napas. Sikat gigi proxabrush yang berukuran kecil dan didesain khusus untuk pengguna behel gigi.

Cara menggosok gigi :

Genggam sikat gigi dan buat sudut 45 derajat untuk membersihkan kotoran dan plak yang ada di daerah sekitar kawat dan pin. Lakukan gerakan menyikat dari atas ke bawah pada setiap gigi. Ambil waktu sedikit untuk memastikan semua plak dan kotoran sudah tuntas dibersihkan. Lakukan hal yang sama pada gigi di bagian geraham lainnya.

2. Membersihkan Sela-Sela Gigi

Bersihkan sela-sela gigi terutama sehabis makan karena makanan sangat mudah menyangkut pada gigi berkawat. Gunakan benang gigi khusus pengguna behel gigi (PA) beberapa kali dalam sehari, untuk menjangkau celah-celah yang tidak tersentuh sikat gigi.

Jadi untuk menghindari segala masalah saat memakai behel maka pengguna harus melakukan pemeriksaan dokter gigi setiap 6 – 8 minggu sekali. Pemeriksaan ini sekaligus untuk memastikan apakah behel gigi masih berada tepat pada fungsi yang seharusnya.

Itulah salah satu tips cara merawat gigi yang menggunakan behel atau kawat gigi, semoga bermanfaat untuk Anda.

Cara Merawat Gigi Behel Agar Tetap Bersih | admin CM | 4.5