Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tetap Awet

Caramerawat.netCara merawat gigi palsu hampir sama dengan perawatan dasar untuk gigi biasa. Kebersihan mulut juga penting dipertahankan. Menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan obat kumur bila diperlukan.

Jika ada sedikit saja beda, pemilik gigi palsu harus selalu mengingat waktu khusus untuk melepas serta merendam gigi. Pada saat dilepas itulah gigi palsu bisa dibersihkan secara total. Baru kemudian direndam semalaman.

Cara Merawat Gigi Palsu

Sedangkan untuk perawatan harian Anda bisa mencoba tips cara merawat gigi palsu agar tetap awet :

1. Guna menjaga kelembaban gigi palsu, maka apabila gigi palsu sedang tidak dipakai maka sebaiknya direndam dalam air atau dalam cairan pembersihnya. Lepaskan setiap malam dan sebelum tidur atau setidaknya 6 jam sehari. Menggunakan gigi palsu sebaiknya jangan terlalu lama. Mulut juga butuh waktu untuk bernafas tanpa gigi lepasan.

2. Setelah selesai makan gigi palsu harus dilepaskan dan dibersihkan dengan pembersih khusus. Selalu membersihkan gigi palsu secara rutin jika dilepas dan ingin dipasang kembali untuk menghindari kuman dan bakteri menempel di gigi palsu. Menjaga gigi selalu higienis sangat baik untuk kebersihan serta kesehatan mulut dan gusi.

Cara pembersihannya bisa dengan direndam dengan air yang hangat dan kemudian dilarutkan bersama pembersih khusus, yang bisa dibeli di apotek tersebut.

3. Gigi tiruan yang dapat dilepas harus dibersihkan setiap hari menggunakan pembersih khusus. Tidak boleh dibersihkan menggunakan pasta gigi sebab kandungan dalam pasta gigi juga berbeda. Hindari sikat gigi berbulu kasar karena bisa menyebabkan keausan bahan gigi palsu yang 10 kali lebih lembut dibanding gigi asli.

4. Rendam dalam air hangat untuk menjaga agar gigi palsu tidak kering dan keriput. Tambahkan pula dengan pembersih khusus yang dilarutkan ke dalam air rendaman.

5. Jangan menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi palsu karena beberapa pasta gigi bersifat cukup abrasif bagi gigi palsu.

Cara merawat gigi palsu lebih baik sejalan dengan saran dokter gigi. Pemilik gigi palsu harus melakukan pemeriksaan berkala setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan ini juga dalam rangka mencegah tiruan menjadi semakin kotor. Gigi palsu yang terlalu lama kotor bisa menimbulkan penyakit kandidiasis, semacam jamur di dalam rongga mulut. itulah salah satu tips cara merawat gigi agar tetap awet

Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tetap Awet | admin CM | 4.5