Sikat Gigi Tepatkan Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar

Caramerawat.net – Sungguh amat penting cara merawat gigi yang baik dan benar. Karena lebih dari fungsi sebagai penghias senyum keseluruhan bagian gigi adalah aset paling berharga dalam kesehatan. Karena menjadi ruang kesukaan bakteri dalam tumpukan sisa makanan, gigi pun akan mempengaruhi fungsi organ tubuh lain, bahkan hubungan dengan syaraf di bagian kepala.

Ini masalah pendorong cara merawat gigi yang baik dan benar harus disadari secara penuh. Apalagi membiasakan untuk anak-anak. Padahal jika menilik hasil riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2014 seperti dirilis oleh Tempo.co, ada sekitar 94,2% masyarakat Indonesia menyikat gigi setiap hari. Namun hanya 2,3% yang melakukan cara merawat gigi secara benar.

Seharusnya menggosok gigi menjadi rutinitas wajib setelah makan atau setidaknya pagi hari dan malam sebelum tidur. Pagi hari mungkin tak terlupakan akan tetapi sering terjadi kewajiban sikat gigi sore atau malam dilupakan. Padahal saat kita tidur tumpukan plak pada gigi punya kesempatan untuk mengeras dan akhirnya memicu gigi berlubang.

Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar

Tumpukan plak ini sangat tidak baik dibiarkan terlalu lama. Bahkan sekali atau dua kali menyikat gigi tetap saja sulit menghilangkan plak. Bisa jadi karena kita kurang paham bagaimana cara menyikat gigi secara tepat.

Coba Ikuti Tips BerikutĀ Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar

1. Cara Menyikat Gigi Dengan Benar

Menggosok gigi 2-3 kali sehari adalah jumlah paling ideal untuk membersihkan gigi. Hal yang harus diperhatikan adalah teknik menyikat secara benar maupun sikat gigi yang digunakan :

Tips cara merawat gigi yang baik dan benar dengan menyikat gigi :

  • Pegang sikat pada sudut 45 derajat dari gusi. Gerakkan sikat dari kanan ke kiri berulang kali di sepanjang gigi. Juga sikat permukaan gigi bagian luar dan dalam, serta geraham belakang
  • Perhatikan bentuk sikat gigi yang baik, harus memiliki ujung kepala mengecil sehingga bisa menjangkau bagian mulut belakang. Sikat gigi itu juga sebaiknya berbulu lembut agar tidak melukai gusi.
  • Gunakan pasta gigi yang dapat melindungi gigi dari serangan asam dari sisa-sisa makanan misal pasta gigi dengan kandungan System Protective Layer (SPL)
  • Berkumur dengan air bersih setelah selesai menggosok tiap bagian gigi, atau berkumur dengan obat kumur antiseptik

2. Menyikat Lidah dan Gusi

Selain menyikat seluruh permukaan gigi kita juga harus menyikat permukaan lidah. Pada lidah terdapat sangat banyak bakteri yang luput saat mulut dibersihkan. Sikat secara lembut dan teratur, termasuk gusi dan bagian dinding kanan dan kiri pipi.

Jadi, mari ikuti cara merawat gigi yang baik dan benar agar tubuh terhindar dari segala penyakit akibat bakteri jahat di dalam celah-celah gigi!

Sikat Gigi Tepatkan Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar | admin CM | 4.5