Tips Cara Merawat Gigi Supaya Bersih Dari Timbunan Plak

Caramerawat.net – Dengan rajin memperhatikan cara merawat gigi setiap hari dan tiap bulan, kita bukan hanya mencegah timbunan plak atau karang gigi. Sebab menunjukkan tampilan gigi berwarna kuning apalagi di bagian gigi terdepan pasti bikin kita sangat malu dan hilang PD waktu bicara, dan tersenyum. Bisa jadi orang dekat jadi menjauh setelah mencium bau mulut.

Keterlambatan melakukan cara merawat gigi memang sangat merugikan. Sebab membayar biaya tambal gigi cukup mahal apabila dokter menemukan terlalu banyak kerusakan pada email gigi. Bahkan untuk perawatan beberapa tambalan saja, termasuk memasang bahan samaran penutup bagian rusak, sudah mencapai harga ratusan hingga jutaan. Tetapi tanpa perawatan tepat sasaran maka kerusakan gigi bukan hanya merusak penampilan tapi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara Merawat Gigi

 

Adapun sifat kuman dan bakteri jelas sangat menyukai timbunan kotoran. Sedangkan di ruang mulut kita makanan terus saja masuk bahkan terkadang kurang tersikat lebih tuntas. Dan melalui ruang mulut khususnya celah-celah gigi, segala bibit penyakit bergerak cepat menuju saraf di kepala akhirnya memicu sakit kepala sebelah atau migrain. Bisa juga berpindah-pindah mempengaruhi fungsi organ tubuh lain. Inilah mengapa karang gigi sangat berbahaya apabila terus diabaikan.

Cara merawat gigi yang paling tepat adalah melakukan konsultasi bersama dokter gigi. Konsultasi dokter sangat penting guna mengetahui permasalahan utama pada rongga mulut, baru kemudian memutuskan bagaimana cara merawat gigi sesuai kepentingannya. Misalkan pembersihan karang gigi. Jika Anda mempunyai gigi berlubang terutama pada bagian belakang, disarankan untuk rutin membersihkan karang gigi. Sesuai saran dokter gigi pembersihan karang atau kotoran sisa makanan harus dilakukan paling lambat enam bulan sekali.

Saran ini pun mengingat tak semua orang memiliki jejeran gigi rapat sehingga aman dari serpih makanan sisa meskipun sudah menyikat gigi. Sisa makanan akan mengundang lebih banyak kuman yang ikut menggerogoti lapisan email. Alhasil dalam waktu singkat saja gigi akan berlubang. Dan akan semakin membuat Anda malu apabila terjadi lubang pada bagian gigi terdepan. Warna hitam akibat email keropos bisa sekejab melenyapkan semangat untuk bertatap muka dengan orang lain karena takut ditertawakan. Sedangkan perawatan total butuh waktu cukup lama dan biaya mahal.

Maka demi mengatasi segala kemungkinan terburuk ini selama gigi Anda masih utuh dan masalah belum bertambah parah, terapkan cara merawat gigi secara baik dan benar. Yang paling pertama dan utama seperti telah dijelaskan, cek berkala ke dokter gigi.

Selain itu tetapkan perawatan harian rutin dan tepat yaitu menggosok gigi. Banyak orang hanya gosok gigi secara asal-asalan. Padahal ritual ini adalah kewajiban sehari-hari demi menjaga kebersihan mulut. Minimal bersihkan gigi selama tiga menit tiap pagi dan malam sebelum tidur. Juga sangat baik untuk menyikat gigi paling lambat setengah jam setelah mengkonsumsi makanan padat seperti nasi atau gorengan.

Gunakan sikat gigi berujung lancip serta berbulu lembut supaya lebih efektif menjangkau celah-celah gigi sampai bagian gigi terdalam. Pilih pasta gigi berkandungan fluorid atau tartar control. Kedua bahan ini cocok untuk menyingkirkan karang gigi.

Kemudian usahakan bulu sikat gigi Anda sanggup membersihkan sisa makanan sampai menyeluruh dan tuntas. Terapkan teknik menyikat gigi yang efektif membersihkan plak yaitu dengan membuat gerakan memutar atau melingkar pada permukaan gigi dari kanan ke kiri. Sikat bagian permukaan gigi geraham yang Anda gunakan untuk mengunyah. Sikat bagian dalam gigi depan secara vertikal dan ringan dengan gerakan atas ke bawah. Selain pada gigi lakukan gerakan untuk menyikat bagian lidah agar sisa-sisa kuman juga teratasi.

Disamping menyikat gigi seperti biasa Anda juga bisa mencampurkan beberapa sendok baking soda, yang dicelupkan pada sikat gigi basah. Lalu sikat gigi seperti biasa dengan teknik tepat untuk menjangkau sisi depan maupun belakang gigi.

Selain menyikat gigi dengan tepat berikut tips cara merawat gigi untuk membersihkan plak.

• Obat Kumur Antiseptik

Siapkan selalu satu botol obat kumur di dalam tas. SeAndaikan tak terbiasa menyikat gigi pada sembarang tempat di luar rumah, maka khusus pada jam makan siang Anda cukup berkumur saja 10 menit setelah makan. Manfaatnya nafas terasa lebih segar hingga sore atau malam hari.

• Benang Gigi (Dental Floss)

Benang halus ini merupakan cara merawat gigi terbaik untuk membersihkan ruang antar gigi penimbun plak. Merupakan pembersihan mekanis tambahan bagi gigi-gigi yang berjejal yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Cara ini sangat bermanfaat untuk pembersihan gigi secara menyeluruh sehingga kemunculan bakteri penyebab karang gigi bisa teratasi lebih awal.

Cara memakai dental floss : Ambillah seutas benang gigi (sekitar 40 cm). Lalu tahan erat diantara jari-jari kedua tangan, kemudian bersihkan ruang antar gigi melalui gerakan ke atas dan ke bawah.

• Kunyah Permen Karet

Keisengan mengunyah permen karet ternyata dapat membersihkan gigi. Namun utamanya pilih permen karet yang mengandung pemanis xylitol. Pemanis ini bermanfaat dapat menghambat perkembangan bakteri streptococcus, sehingga ampuh mengurangi gigi berlubang dan plak.

• Nutrisi Alami Memperkuat Gigi

Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan juga bermanfaat paling alami untuk menghilangkan karang gigi. Jenis buah terbaik untuk perlindungan gigi adalah buah berkandungan air cukup banyak seperti apel dan melon. Juga sejumlah kandungan serat alami di dalam buah apel efektif untuk memicu produksi air liur yang cukup dan berguna untuk melunakkan karang gigi. Tempelan plak akan larut dengan mudah.

Selain apel dan melon konsumsi juga buah-buahan segar lain yang banyak mengandung vitamin c (misalnya jeruk dan stroberi) untuk menjaga kesehatan gusi. Disamping buah penting juga untuk mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung serat alami yang membantu proses pembersihan gigi dari dalam tubuh yaitu melalui kecukupan nutrisi.

Dan mengenai nutrisi bagi kekuatan gigi jangan lupakan kalsium di dalam konsumsi ikan omega-3, biji-bijian, dan terutama susu berkalsium tinggi. Namun hindari terlalu banyak minuman perusak lapisan gigi seperti kopi dan teh, termasuk juga kebiasaan merokok.

Dari seluruh cara merawat gigi tersebut pemeriksaan gigi berkala minimal 6 bulan sekali adalah yang paling utama. Terlebih pada Anda yang memiliki jejeran gigi tidak rapat, sebab kerenggangan gigi mudah disusupi sisa-sisa makanan. Apabila pembersihan kurang maksimal, sisa makanan akan menumbuhkan bakteri pengikis gigi. Pengaruh terburuknya adalah pada penampilan dan rasa percaya diri.

Nah, dengan demikian janganlah pernah meremehkan kesehatan gigi serta perawatannya sebab rongga mulut merupakan bagian terpenting dalam sistem tubuh kita. Kesehatan gigi dan mulut pun bisa mempengaruhi kesegaran tubuh dari dalam maupun terluar. Termasuk juga kebersihan gigi disertai nafas segar akan menentukan citra dan kesan penampilan terbaik, di dalam pergaulan sehari-hari.

Tips Cara Merawat Gigi Supaya Bersih Dari Timbunan Plak | admin CM | 4.5