Cara Merawat Kuku Agar Tidak Kuning Akibat Kuteks

Caramerawat.net – Perubahan warna kuku kaki atau tangan bisa diatasi sementara dengan cara merawat kuku agar tidak kuning. Tetapi harus dipastikan juga mengapa terjadi warna kuning pada kuku. Apakah memang normal terjadi perubahan warna kuku dari putih cerah menjadi kuning pekat atau kecokelatan. Bisa jadi akibat efek dari sisa-sisa cat kuku. Atau ada jamur pada lapisan kuku. Namun cukup berat apabila membawa gejala dari suatu penyakit.

Dari ketiga persoalan tersebut akan lebih mudah untuk menerapkan cara merawat kuku agar tidak kuning, jikalau hanya persoalan tentang sisa cat kuku. Cukup dengan perawatan sederhana dan tidak perlu berkonsultasi dengan dokter. Kecuali setelah dua atau tiga minggu berikutnya warna kuning pada kuku belum juga hilang.

Cara Merawat Kuku Agar Tidak Kuning

Noda Cat Kuku vs Cara Merawat Kuku Agar Tidak Kuning

Terlalu lama atau terlalu sering memakai kuteks, terutama yang berwarna gelap, bisa meninggalkan noda permanen kekuningan. Perubahan ini terjadi karena ada reaksi kimia antara zat pewarna dan keratin pembentuk lempengan kuku. Meskipun juga tidak semua orang mengalaminya setelah beberapa minggu pemakaian kuteks.

Cara merawat kuku agar tidak kuning bisa dilakukan dengan mudah dan sangat sederhana. Misalkan memakai baking soda yang selama ini dipercaya banyak orang untuk menyehatkan kembali lapisan kuku. Dan juga lemon memiliki kandungan asam yang ampuh menghilangkan noda kunin pada kuku.

Tips cara membuat masker kuku memakai baking soda :

  • Siapkan semangkuk air hangat.
  • Siapkan baking soda sebanyak setengah sendok teh saja
  • Siapkan air perasan lemon sebanyak 3 sendok teh
  • Siapkan garam sebanyak 1 sendok teh

Cara Membuat :

  1. Campurkan semua bahan masker kuku kemudian aduk-aduk sampai merata
  2. Rendam jari tangan atau kaki dalam air hangat supaya pori-pori terbuka. Gosok kuku menggunakan sikat berbulu lembut.

Manfaat dari ramuan garam ini bisa untuk merawat kuku kuning dan juga kuku yang rapuh dan mudah patah. Saran : Harus diperhatikan jikalau kondisi kuku sedang terluka sebaiknya cara ini jangan dilakukan karena bisa membuat kuku perih.

Selain baking soda dan lemon, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan noda kuning pada kuku. Sebelum dioleskan, hangatkan minyak zaitun selama tiga menit di dalam rice cooker. Kemudian oleskan merata pada permukaan kuku. Lakukan pada malam hari sehingga zaitun akan meresap semalam hingga dibilas pada esok hari.

Jika rutin menerapkan cara merawat kuku agar tidak kuning maka hasilnya akan terlihat dalam satu minggu perawatan. Namun jika dua minggu atau lebih tak ada perubahan, cobalah bertanya pada dokter kulit guna mendapatkan perawatan secara medis.

Cara Merawat Kuku Agar Tidak Kuning Akibat Kuteks | admin CM | 4.5