Cara Merawat Kuku Yang Rusak Dengan Nutrisi Alami

CaramerawatCara merawat kuku yang rusak bisa dimulai dengan memenuhi nutrisi sesuai kebutuhan kuku tangan ataupun kaki. Ada sejumlah makanan pensuplai vitamin serta zat lain agar kuku teselamatkan dari kerapuhan atau masalah lain-lain. Misalnya protein dan mineral seperti zat besi dan zinc. Sedangkan untuk vitamin konsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin A, B12, dan vitamin D dan juga C.

Nutrisi memang sangat penting dalam cara merawat kuku yang rusak. Selain karena kebiasaan, masalah kerusakan kuku bisa muncul dari efek kekurangan vitamin dan dehidrasi. Jadi cara merawat secara alami wajib dicoba. Nilai plus, tentu bukan hanya menyehatkan kuku namun juga seluruh bagian tubuh yang kekurangan asupan nutrisi.

Cara Merawat Kuku Yang Rusak

Begini cara merawat kuku yang rusak dengan nutrisia alami :

1. Merendam Air Jeruk dan Memoles Zaitun

Cara merawat kuku yang rusak dari luar, yaitu dengan merendam kuku kaki dan tangan dengan air garam bercampur perasan jeruk nipis selama 15 menit. Setelah itu keringkan memakai handuk. Perasan jeruk nipis mengandung astrigen yang bermanfaat untuk menghilangkan warna kusam pada kuku
Pada malam hari sebelum tidur, oleskan minyak zaitun (olive oil) secara lembut pada seluruh permukaan kuku sambil agak dipijat. Bilas keesokan harinya. Minyak zaitun akan memberikan efek pelembab alami untuk mengatasi kerusakan kuku yang kering.

2. Melembabakan Kuku Dengan Minyak Kutikula

Minyak kutikula mempunyai fungsi vitamin E untuk menutrisi kutikula kering sehingga kuku tak mudah mengelupas. Pijatkan krim di atas kuku serta dipinggiran kuku sebelum tidur. Lakukan dua kali sehari supaya sel-sel pertumbuhan kuku menjadi lebih sehat.

3. Mengkonsumsi Makanan BeRnutrisi

  • Sumber makanan yang mengandung vitamin B12, protein serta biotin (vitamin H) terbukti sangat membantu menguatkan serta menebalkan kuku. Anda bisa rutin mengkomsumsi pisang, kacang-kacangan, kembang kol, telur dan ikan salmon untuk mencukupi kebutuhan biotin, protein, dan vitamin B12.
  • Manfaat protein akan membuat kuku menjadi lebih kuat karena kuku juga terbuat dari jenis protein keratin. Nutrisi penting keratin dapat ditemukan dalam kacang, kacang-kacangan, daging, telur dan kedelai
  • Konsumsi juga makanan mengandung Zinc, komponen dari ratusan enzim dalam tubuh yang sebagian diantaranya bisa membuat rambut dan kuku lebih sehat. Antara lain kerang, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan lain-lain.
  • Vitamin A dan C dapat mencegah kuku menjadi kusam dan kering juga melindungi dari kerapuhan. Sumber vitamin A dan C ada di dalam sayur dan buah segar antara lain wortel, kol, jeruk, semangka, tomat, stroberi, dan lain-lain. Inilah cara merawat kuku yang rusak sehingga menjadi sehat dan berkilau kembali.
Cara Merawat Kuku Yang Rusak Dengan Nutrisi Alami | admin CM | 4.5