Cara Merawat Rambut Kering Dengan Media Uap

Caramerawat.netCara merawat rambut kering melalui alat penguapan (steamer) biasa dipergunakan oleh salon selama proses creambath, hair mask, dan hair spa. Namun jika steamer tidak dihidupkan oleh karena alasan tertentu, maka pegawai salon akan mengganti fungsi media itu dengan balutan handuk panas di atas kepala pelanggan.

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Media

 

Nah, mungkin anda penah atau sering merasakan suatu cara merawat rambut kering dengan media uap tersebut. Akan tetapi apakah anda sudah paham betul soal manfaat utama dari metode steamer ataupun handuk hangat?

Menurut maestro rambut Indonesia, Rudy Hadisuwarno, seperti dikutip dari wolipop.detik (com), kedua bentuk media uap itu sangat membantu proses penyerapan produk krim pada seluruh batang rambut. Krim mask merupakan bahan utama untuk cara merawat rambut kering media uap selama proses hair mask (treatment terbaik untuk mengembalikan nutrisi yang hilang di akar rambut).

Sama dengan media handuk panas sebagai pengganti steamer, uap hangat akan membuka pembuluh darah di kepala sehingga zat-zat dari masker terserap lebih cepat. Misal ketika menutup rambut yang dioles kondisioner dengan handuk hangat, uap panas akan membantu proses pembukan kantung rambut (folikel).

Cara ini mempermudah penyerapan kandungan kondisioner, seperti herbal, protein dan vitamin. Diamkan handuk hangat selama beberapa menit kemudian bilas sampai bersih.
Selain campuran untuk shampo dan conditioner, anda juga bisa memadukan media uap dari handuk hangat dengan olahan masker rambut dari buah-buahan. Dengan demikian, nutrisi dari masker buah tersebut akan bekerja sangat baik untuk menyehatkan rambut. Cara ini tentu lebih alami dan hemat daripada menjadwalkan rutinitas hair mask di salon.

Cara merawat rambut kering dengan media uap dari handuk hangat :

1. Rendam Handuk

Persiapkan handuk ukuran sedang. Rendam ke dalam air panas dan biarkan sesaat. Kemudian ambil handuk tersebut dengan hati-hati, jangan sampai tangan kepanasan. Peras air panas dari handuk untuk membungkus bagian kepala dengan handuk hangat tersebut.

2. Masker Minyak Hangat

Pilih satu jenis minyak perawatan rambut (Jojoba Oil, Olive Oil, Minyak Kelapa, Minyak Kemiri, Argan Oil, dll). Supaya ekstrak minyak bisa terserap dengan baik, bungkus rambut yang telah diolesi salah satu jenis minyak tersebut dengan handuk hangat. Diamkan kurang lebih 30 menit. Bilas dengan air hangat.

3. Masker Madu dan Minyak Kelapa

Campur dua sendok makan madu dengan tiga tetes minyak kelapa. Oleskan ke akar dan seluruh batang rambut. Tutup dengan handuk yang sudah dicelup ke dalam air panas. Setelah 30 menit buka handuk dan bilas bersih.

Maka dengan cara merawat rambut kering dengan media uap berpadu masker alami, semoga diperoleh helaian rambut yang lebih sehat!

Cara Merawat Rambut Kering Dengan Media Uap | admin CM | 4.5