Cara Merawat Rambut Kering Yang Rusak Akibat Pelurusan

CaraMerawat.net – Keputusan untuk meluruskan rambut harus diikuti dengan usaha untuk menerapkan cara merawat rambut kering yang rusak. Jika dibiarkan begitu saja maka harapan tampil lebih cantik dengan rebonding, smoothing, maupun catok harian justru berpotensi merusak mahkota kecantikan.

Sifat rambut hasil pelurusan dapat menjadi lebih buruk daripada potongan asli kalau kita mengabaikan cara merawat rambut kering yang rusak. Saat itu pula kegalauan hati akan terasa oleh karena Bad Hair Day; rambut susah ditata, kelihatan kusam dan kaku mirip sapu ijuk, serta mengembang tak beraturan seperti rambut singa!

Cara Merawat Rambut Kering Yang Rusak

Namun dengan memperhatikan cara merawat rambut kering yang rusak oleh paparan zat kimia, kira-kira 50 persen potensi kerusakan bisa dicegah. Lakukan pencegahan sejak dua minggu pertama usai pelurusan.

Cara Merawat Rambut Kering Yang Rusak

 

Ini tips untuk mengantisipasi masalah rambut kering yang rusak akibat pelurusan :

1. Proses smoothing/rebonding sebaiknya diikuti dengan tindakan hair spa yang rutin. Lakukan hair spa dan hair mask di salon paling kurang satu minggu usai pelurusan. Tak disarankan untuk memilih proses creambath karena tidak efektif mengatasi efek pelurusan.

2. Guna mendapatkan hasil maksimal, potonglah ujung-ujung rambut untuk membuang rambut-rambut rusak akibat bondingan. Apabila bertumbuh panjang nantinya, rambut akan kembali indah.

3. Perawatan Lidah Buaya :

  • Ambil beberapa batang lidah buaya kemudian singkirkan gerigi-gerigi yang terdapat dipinggir lidah buaya menggunakan pisau.
  • Setelah semua gerigi tajam dihilangkan, belah lidah buaya menjadi dua bagian. Kemudian remukkan atau remas lidah buaya tadi sampai mengeluarkan lendir.
  • Nah, usapkan lendir lidah buaya itu pada rambut yang setengah basah. Ratakan ke seluruh bagian rambut dan usahakan supaya lendir mengenai rambut secara menyeluruh.
  • Lendir mengeluarkan bau menyengat tapi anda bisa mensiasatinya dengan menambahkan madu dan jeruk lemon sehingga bau dari lendir bisa ternetralisir.
  • Diamkan selama 20 menit lalu bilaslah rambut dengan air hangat. Gunakan juga shampoo serta konditioner lembut yang alami.

4. Mengatur Frekuensi Keramas

Perlu diketahui kalau frekuensi keramas akan sangat mempengaruhi baik-buruk keadaan rambut, terutama setelah pelurusan. Aturlah waktu mencuci rambut setiap tiga hari sekali saja dengan perlengkapan keramas yang mengandung moisturizer atau pelembab.

5. Berikan Asupan Nutrisi Seimbang

Cukupi nutrisi dari dalam dan luar tubuh. Selain pola konsumsi makanan segar dan bervitamin, buatlah masker rambut dari sari buah-buahan (alpukat, lemon, apel, pisang, dll) dicampur dengan madu dan minyak alami (zaitun, kemiri, kelapa, dll).

Dengan secara rutin melakukan cara merawat rambut kering yang rusak akibat pelurusan, anda tetap bisa menjaga rambut tetap segar usai proses pelurusan!

Cara Merawat Rambut Kering Yang Rusak Akibat Pelurusan | admin CM | 4.5