Cantik Rohani Bersama Cara Merawat Rambut Panjang Berjilbab

Caramerawat.net – Melengkapi kecantikan rohani dengan cara merawat rambut panjang berjilbab, tentu bukan semata demi penampilan. Bersama hijab, sudah kewajiban sebagai muslimah untuk menutup penuh seluruh aurat termasuk rambut. Dan lagi rambut yang tertutup sebenarnya lebih terlindungi dari efek sinar ultraviolet, paparan debu serta polusi. Namun disisi lain ruang sirkulasi udara pun menipis sehingga.kulit kepala cepat berkeringat, berbau lembab, timbul ketombe disertai kerontokan.

Lantas gara-gara deret kerusakan rambut ini kenyamanan diri saat berhijab menjadi terusik? Wah, jangan sampai terjadi!

Cara Merawat Rambut Panjang Berjilbab

Andaikan belum ingin memotong rambut jadi lebih pendek maka coba rajinlah saja menerapkan cara merawat rambut panjang berjilbab. Perhatian ekstra dapat membuat rambut lebih segar meskipun tertutup rapat setiap hari. Perlu ke salon kecantikan? Tidak juga! Sebab perawatan rambut berjilbab tak jauh berbeda dari kebiasaan harian hanya saja ada sejumlah tips khusus. Yang penting, kesehatan rambut menyelaraskan pemakaian kerudung demi kenyamanan sehari-hari.

Berikut cara merawat rambut panjang berjilbab untuk meneguhkan kecantikan rohani.

Teratur Mencuci Rambut

Sudah pasti tahap-tahap keramas wajib dilakukan secara rutin baik untuk rambut terbuka maupun tertutup. Jadwalkan keramas dalam jeda waktu dua atau tiga hari sekali. Jangan terlalu sering agar kelembaban alami rambut tidak hilang.

Jangan Lupakan Konditioner

Pilih shampo plus conditioner yang bernutrisi alami, tetapi juga sesuai karakter rambut apakah normal, berminyak, kering, dan berketombe. Kondisioner dipakai bagi Anda yang memiliki rambut panjang supaya pelumasan batang rambut dapat sampai ke ujung rambut.

Pastikan Rambut Kering Sebelum Berjilbab

Sebelum menggunakan kerudung pastikan rambut sudah bersih dan kering setelah keramas usai. Usahakan tidak memakai kerudung pada saat rambut masih dalam kondisi basah. Kebiasaan ini bisa mempertinggi kelembapan kulit kepala. Akhirnya mengundang jamur dan bakteri, juga ketombe.

Pemilihan Jilbab

Saran terbaik untuk cara merawat rambut panjang berjilbab tentu dengan pemilihan jilbab yang nyaman. Guna mengurangi keringat berlebih, pakailah bahan penyerap keringat antara dari bahan kaus atau katun. Jika ingin memakai jilbab berlapis maka tentukan cukup sampai empat lapis saja, agar sirkulasi udara tetap seimbang.

Memberikan Ruang Segar Untuk Rambut

Rambut panjang Anda yang tertutup rapat selama sehari penuh, istirahatkan pada saat tidak memakai kerudung di dalam rumah. Jangan mengikat atau menggulungnya terutama saat tidur. Selain itu cukupi kebutuhan rambut Anda dengan konsumsi makanan bernutrisi (kacang-kacangan, bayam, pisang, apel, telur, ikan), dan memenuhi keseimbangan air. Sebab tubuh yang dehidrasi dan kurang vitamin akan mempercepat kerusakan rambut, apalagi jika merapat tanpa ruang segar.

Demikianlah cara merawat rambut panjang berjilbab ini penting untuk diketahui. Dengan demikian, tubuh yang nyaman disertai ketenangan hati akan dapat menopang aura cantik rohani seorang wanita muslimah. Selamat mencoba!

Cantik Rohani Bersama Cara Merawat Rambut Panjang Berjilbab | admin CM | 4.5