3 Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Caramerawat.net – Pemulihan Ibu melalui cara merawat tubuh setelah melahirkan perlu dilakukan untuk mengumpulkan kembali energi dan membangun keseimbangan tubuh. Kesehatan Ibu harus pulih dengan cepat agar sang buah hati tercinta bisa mendapat perawatan penuh dari sang Ibu.

Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Cara merawat tubuh setelah melahirkan bisa jadi tantangan sekaligus tuntutan lahiriah bagi seorang Ibu. Demi anak tercinta, Ibu harus berusaha melawan kelemahan fisik agar bisa menggendong juga memberi ASI. Tentunya tanpa ada masalah berarti pada kesehatan Ibu. Masalah pasca-melahirkan bisa muncul karena beragam hal antara lain rasa lelah hingga pengaruh luka operasi.

Ibu sangat perlu beristirahat cukup andaikan kondisi fisik cukup menurun. Jika melakukan persalinan normal, Ibu hanya perlu istirahat selama 2 minggu. Namun pada persalinan caesar Ibu harus beristirahat cukup setidaknya 1-2 bulan. Andaikan nutrisi serta perhatian fisik antara bayi dan Ibu tidak tercukupi dengan baik, bisa jadi kesehatan bayi bisa ikut terpengaruh.

Dengan begitu kecukupan nutrisi seorang Ibu menyusui harus tercukupi sekitar 300 kalori ekstra per hari. Penting untuk mencukupi kalsium, protein, vitamin, dan zat gizi lain sebab kecukupan gizi dapat mendukung pemulihan fisik lebih cepat membaik.

Selain cara merawat tubuh setelah melahirkan lewat solusi nutrisi dan istirahat cukup, masalah apa lagi yang sebaiknya diperhatikan pasca melahirkan?

Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

1. Rileksasi : Pijat Tradisional dan Salon

Setelah perjuangan panjang tentu Ibu membutuhkan waktu rileksasi untuk menurunkan tekanan darah serta keletihan. Salah satu caranya dengan melakukan pijat tradisional untuk membuat Ibu merasa nyaman. Namun tentu pijatan harus dilakukan oleh seorang ahli pijat berpengalaman sehingga paham betul, bagaimana agar pijatan tidak mengganggu daerah bekas luka operasi.

Selain pijat relaksasi, Ibu juga perlu merawat diri ke salon meskipun hanya sekedar melakukan creambath.

2. Menjaga Kebersihan Luka Bekas Operasi

Luka bekas operasi caesar pada dasarnya tidak berbeda dengan luka bekas operasi lain. Ibu melahirkan harus menjaga luka bekas operasi dari bakteri penyebab infeksi.

Sesudah mandi, Ibu dapat membersihkan luka bekas operasi menggunakan cairan antiseptik serta antibiotic yang dianjurkan dokter. Ketika membersihkan luka bekas operasi sebaiknya menggunakan cotton bud atau kapas.

3. Merawat Vagina

Perawatan vagina harus segera dilakukan setelah melahirkan. Perawatan ini harus tepat agar kondisi vagina cepat pulih. Es dapat mencegah pembengkakan dalam 24 jam pertama setelah persalinan. Bungkuslah es batu dengan kain halus dan lembut, kemudian kompres bagian vagina dengan lembut.

nilah cara merawat tubuh setelah melahirkan akan tetapi jika terjadi gangguan lain tak perlu menunda untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan.

3 Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan | admin CM | 4.5