Cara Merawat Wajah Pria, Tunjukkan Pribadi Aktif dan Maskulin

Caramerawat.net – Dahulu cara merawat wajah pria kurang diminati terutama karena masih sedikit tips dan produk khusus pria. Ada juga anggapan jika pria yang terlalu memperhatikan penampilan, seperti perempuan saja. Nah, itulah sebabnya ritual perawatan wajah tidak begitu diperhatikan, selain juga karena rasa malas menerapkan kebiasaan itu. Minimal cuci muka dengan sabun batangan, selesailah.

Namun sekarang ini kebiasaan untuk cara merawat wajah pria mulai menanjak. Bermunculan macam-macam iklan produk kosmetika khusus pria maskulin. Selain itu perlahan tumbuh kesadaran jika kebersihan wajah merupakan aset berharga untuk meningkatkan rasa percaya diri saat menjalin relasi dengan kawan-kawan, lingkungan kerja, dan terutama kaum wanita.

Jadi sekarang inilah waktu membentuk pola hidup baru dengan membawa hasil dari cara merawat wajah. Perawatan wajah akan menunjukkan sisi terbaik anda sebagai pria modern, yang bertipikal pribadi aktif serta pekerja keras namun juga sanggup mengatur kebutuhan tubuh sendiri. Sssttt…Inilah modal dasar untuk membentuk kesan maskulin di hadapan para wanita!

Cara Merawat Wajah Pria

Cara Merawat Wajah Pria

Pengaruh Lingkungan dan Tipe Kulit Pria

Cara merawat wajah pria sangat penting dilakoni mengingat ruang lingkup kegiatan pria selalu berpindah secara cepat, dari ruang tertutup (indoor) ke ruang terbuka (outdoor) begitupun sebaliknya. Apalagi kesibukan padat dan mobile butuh ekstra tenaga secara fisik maupun pikiran. Suasana panas, terpapar sinar matahari, juga polusi kadang membuat pemilik kulit sensitif (kemerahan, gatal, tumbuh jerawat besar) harus lebih waspada dan mengantisipasi jauh sebelum turun ke lapangan kerja.

Namun, bukan berarti berada sering dalam ruang tertutup mengamankan kesehatan kulit wajah. Sebab ruang lembab atau suhu dingin AC berpotensi membuat kulit semakin kering. Tanda kulit kering antara lain permukaan terasa lebih kesat setelah dibasuh, atau bercak-bercak kusam semakin kentara akibat penumpukan lapisan kulit mati.

Maka dalam seluruh gerak aktif dan penyesuaian tenaga pada lingkungan tertentu, Anda pun harus melakoni cara merawat wajah pria secara teratur, Mengingat pula sifat kulit wajah pada pria cukup tebal serta mengandung kelenjar minyak aktif sekitar 15% lebih besar daripada kelenjar minyak pada wanita, terutama di sekitar area T (dahi, hidung, dagu).

Cara Merawat Wajah Pria Tanpa Minimalkan Kesan Maskulin

Cara merawat wajah pria tidak akan membuat Anda kehilangan nilai maskulin. Justru mengabaikan manfaat perawatan wajah berdampak jangka panjang. Misalkan suatu hari Anda mendekati suatu momen penting seperti pernikahan tetapi kebersihan wajah kurang terawat. Bimbang mencari solusi cepat di salon perawatan wajah, dengan waktu yang sempit membuat Anda harus tampil apa adanya.

Karena itulah jangan menunda-nunda cara merawat wajah. Minimal basuh wajah dengan facial foam dua kali sehari yaitu pagi sebelum keluar rumah dan sore atau malam sebelum tidur. Lalu, gunakan moisturizer atau pelembab yang sesuai jenis kulit Anda.

Berikut 10 tips cara merawat wajah pria yang selalu aktif :

• Teratur Bersihkan Wajah

Membiarkan kelebihan minyak bercampur debu bisa menyumbat pori-pori kulit sehingga memicu komedo dan jerawat. Untuk itu sangat penting mencuci muka dua kali sehari menggunakan sabun busa atau facial foam.

Hindari mencuci muka dengan sabun batangan yang memiliki keseimbangan pH (potential Hydrogen) jauh lebih tinggi daripada produk pembersih wajah, sehingga menyebabkan asam dalam kulit tidak stabil dan mudah rusak

• Jangan Lupakan Pelembab

Aktifitas luar ruang membutuhkan bahan pelindung wajah dari sinar UV. Pakailah sun block (tabir surya). Aplikasikan pelembab yang mengandung antioksidan dan vitamin E guna menetralisir efek radikal bebas, juga sebelum Anda melakoni kegiatan panjang dan padat di dalam ruang tertutup.

• Bercukur dan Aftershave

Jangan remehkan manfaat krim cukur karena produk ini mencegah pisau cukur menggores kulit Anda. Selain itu, aplikasi aftershave lotion yang digunakan setelah mencukur sebaiknya mengandung antiseptik pencegah infeksi. Ambil produk aftershave balm atau gel yang memiliki kandungan vitamin C, E, minyak alami atau moisturizer, dan aloe vera.

Namun jika Anda tidak terlalu suka menggunakan aftershave balm atau gel, cukup percikkan air dingin ke wajah guna menutup pori-pori yang sebelumnya terbuka. Setelah itu aplikasikan pelembab atau moisturizer yang sudah rutin anda pakai.

• Menggunakan Pembersih dan Night Cream

Sangat penting bagi para pria untuk rutin menggunakan pembersih di malam hari supaya kotoran dan minyak yang menempel pada kulit wajah, terangkat bersih secara total.

Usapkan dengan kapas produk toner bebas alkohol untuk memberi keseimbangan pH kulit. Akan lebih baik lagi mengusapkan night cream (krim malam) satu jam sebelum tidur. Night cream sebagai pelembab malam bermanfaat untuk menyumbang nutrisi luar bagi kesehatan kulit wajah, sekaligus meregenerasi sel kulit mati supaya segar kembali.

Perhatikan Nutrisi Untuk Cara Merawat Wajah Pria

  • Masalah nutrisi dalam pola makan harus diperhatikan untuk mendukung segala bentuk cara merawat wajah pria demi mendapatkan hasil terbaik
  • Konsumsi makanan bervitamin terutama sumber-sumber vitamin A dan E dalam alpukat, kacang almond, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Sumber antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas yang mempercepat penuaan kulit. Selain itu penting juga untuk mengkonsumsi sumber makanan tinggi omega 3 yang terdapat dalam daging ikan salmon, sarden atau mackerel, tuna, gindara, dan lain-lain.
  • Berbagai vitamin dan mineral serta antioksidan yang cukup akan mudah dipenuhi jika kita menerapkan pola makan gizi seimbang dengan porsi yang sesuai untuk tiap kelompok makanan. Pada setiap makan siang dan malam harus terdapat makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat atau sumber tenaga, lauk pauk yang merupakan penghasil sumber protein, lemak dan sayur serta buah.
  • Mengatur Pola Gizi Seimbang dan Cukupkan Air Putih :
    Asupan sayur harus seimbang dengan makanan pokok yaitu sekitar 2-3 porsi, dan untuk buah 3-5 porsi perhari. Sedangkan lauk pauk seperti , susu, keju, daging, telur dan kacang-kacangan dapat dikonsumsi 2-3 porsi sehari. Untuk kadar gula dan garam sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedikit atau hanya sebagai bumbu.
  • Selain makanan penuhi juga kebutuhan cairan sebab terlalu sering dehidrasi akan mengakibatkan kulit kering dan kusam. Air yang cukup juga diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit oleh karena itu minumlah air dalam jumlah cukup setidaknya delapan gelas sehari.
  • Biasakan Hidup Sehat
    Jika sanggup hentikan kebiasaan merokok termasuk minum alkohol sebab pola hidup tidak sehat hanya mempercepat proses penuaan kulit seperti kerutan. Terapkan waktu Istirahat yang cukup untuk menjaga kulit tetap sehat dan berikan waktu luang untuk melakukan olahraga sehingga area wajah sampai leher selalu terasa segar.

Sekian tips untuk cara merawat wajah pria, terapkan secara teratur untuk mendapatkan wajah maskulin yang bersih dan juga lebih cerah. Selamat mencoba!

Cara Merawat Wajah Pria, Tunjukkan Pribadi Aktif dan Maskulin | admin CM | 4.5