Cara Merawat Wajah Sensitif dan Gampang Iritasi

Caramerawat.netCara merawat wajah sensitif harus ekstra hati-hati. Ketidakcocokan terhadap polesan tertentu misalkan sabun muka bisa cepat menambah rumit kondisi kulit. Muncul ruam merah iritasi, rasa gatal dan seperti terbakar, juga kering mengelupas. Apalagi waktu siang hari kulit tampak kering bersisik dan seperti menipis. Flek hitam bekas jerawat akan kelihatan jelas, temasuk garis-garis tipis pembuluh darah.

Cara Merawat Wajah Sensitif

Untuk menerapkam cara merawat wajah sensitif harus dipahami terlebih dulu penyebab sensitifitas kulit wajah. Ternyata selain mudah “menolak” kosmetika, kulit sensitif juga kurang tangguh melawan paparan sinar matahari serta polusi lingkungan. Tiga kondisi ini begitu mudah mengusik sistem perlindungan kulit sensitif.

Berikut tips cara merawat wajah sensitif dan gampang iritasi :

1. Perawatan Wajah Sensitif

Jangan coba menggunakan pembersih wajah yang mengandung zat eksfoliasi. Zat ini bisa memperburuk kesehatan kulit sensitif. Cara merawat wajah sensitif dengan pembersih cukup pilih yang mengandung bahan salicylic acid, untuk membuka sumbatan minyak dan kotoran dalam pori.

Dan untuk memilih penyegar jangan coba-coba menerapkan penyegar wajah yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol ini sangat reaktif terhadap kulit sensitif dan bisa memicu masalah baru untuk wajah Anda.

2. Hindari Terik Matahari

Berada di bawah terik matahari terlalu lama sangat tidak dianjurkan bagi pemilik kulit wajah sensitif. Namun jika dalam situasi mendesak, jangan lupa memakai tabir surya. Pilih tabir surya berkandungan zinc atau titanium diokside. Pemolesan zinc dan titanium dapat mencegah iritasi pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

3. Memoles Pelembab Alami

Gunakan bahan-bahan natural untuk ritual sehari-hari dalam menerapkan cara merawat kulit sensitif. Pelembab alami yang dianjurkan yaitu madu, minyak zaitun (olive oil), aloe vera, dan lemon atau jeruk nipis. Poles di waktu malam hari. Namun tetap waspadai sensitifitas kulit apalagi sifat asam pada jenis jeruk, sehingga pemolesan cukup sedikit saja.

Tips membuat pelembab alami untuk cara merawat kulit sensitif :

  • Siapkan dalam mangkuk : Susu putih cair tanpa gula, yogurt tawar, madu murni. Masing-masing cukup dua sendok saja
  • Aduk searah sampai merata seluruhnya
  • Setelah membersihkan wajah, poleskan masker pelembab ini ke seluruh bagian wajah dan leher. Bisa menggunakan jari atau kuas make-up
  • Tunggu 20 menit sampai masker agak mengeras

Solusi ini bisa membantu Anda menerapkan cara merawat wajah sensitif untuk mengatasi pengaruh lingkungan terhadap kulit. Namun jika masalah sensitifitas kulit Anda jauh lebih sulit diatasi dengan cara biasa, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Cara Merawat Wajah Sensitif dan Gampang Iritasi | admin CM | 4.5