10 Cara Merawat Wajah Untuk Pesona Cantik Alami

Caramerawat.net – Setiap orang menyimpan pesona alamiah yang dapat selalu terjaga melalui cara merawat wajah. Hakikat ini juga berlaku untuk kaum pria. Namun, para wanita harus menaruh perhatian lebih pada area wajah karena pengaruh lingkungan, keharusan memoles make-up, serta tingkat kepercayaan diri.

Menaruh perhatian untuk diri sendiri memang sangat penting. Tak heran jika berbagai cara merawat wajah pasti dilakukan, walaupun cukup mahal. Misal di beberapa gerai beauty care para pelanggan rela menunggu kesempatan untuk memilih jenis perawatan wajah dan yang paling mendasar adalah facial.

Cara Merawat Wajah

Cara Merawat Wajah

Tujuan utama perawatan ini tak lain untuk membersihkan area kulit secara total, demi menyingkirkan jerawat batu atau komedo. Akan tetapi tidak semua orang cocok dengan rekomendasi perawatan wajah ini apalagi untuk mengeluarkan sejumlah uang.

Nah, kalau anda merasa enggan mendatangi jasa beauty care, cobalah untuk mendalami cara merawat wajah secara baik dan benar. Dengan perhatian ekstra niscaya persoalan kulit berjerawat, berminyak, kering dan kusam akan bisa diantisipasi sejak dini.

1. Disiplin Bersihkan Wajah

Pembersihan wajah harus teratur dilakukan apalagi setelah aktivitas padat di luar rumah.

Tips :

  • Selain di pagi hari jangan lupakan jadwal membersihkan wajah setiap sore atau malam sebelum tidur.
  • Kuman, debu atau partikel lain yang menempel pada wajah terutama dari usapan tangan bisa memicu pertumbuhan jerawat. Begitupun polesan make-up tebal maupun tipis. Bersihkan total dan merata minimal dua kali sehari.
  • Mencuci wajah dengan air hangat akan memberikan efek rileksasi pada kulit dan sekaligus membuka pori-pori yang tersumbat oleh debu.
  • Pakailah sabun khusus wajah (facial foam) yang sesuai jenis kulit anda (normal, berminyak, atau berjerawat).
  • Usapkan dengan lembut dan merata. Menggunakan jari lakukan gerak memutar dari arah dagu ke bagian tengah (pipi dan hidung) dan bagian atas wajah (jidat).
  • Bilas facial foam hingga benar-benar bersih. Kalau terjadi iritasi, kulit semakin kering, atau menimbulkan jerawat, hentikan pemakaian sabun tersebut.

2. Memakai Pelembab, Pembersih, dan Penyegar (Sebelum atau Sesudah Bepergian)

Cara ini baik dilakukan setelah mencuci muka supaya tempelan debu yang agak dalam pada pori-pori akan terangkat secara menyeluruh.

  • Pakailah pelembab usai mencuci wajah di pagi hari demi mendapatkan perlindungan anti UV (ultraviolet). Manfaat pelembab akan meminimalkan pengaruh sinar matahari yang membuat kulit menjadi kusam dan menghitam. Sebaiknya pilih pelembab dari bahan alami.
  • Pada sore atau malam hari sebelum mencuci muka, usapkan pembersih (milk cleanser) secara merata dengan menggunakan kapas, jangan lupakan area leher
  • Cara membersihkan dengan produk milk cleanser: Gunakan jari-jari untuk mengusap dari sisi bawah sampai ke atas wajah. Usap secara perlahan-lahan, tetapi jangan diputar dan digosok terlalu keras. Milk Cleanser sangat penting untuk mengangkat kotoran dan sisa-sisa make-up
  • Cuci bersih kulit wajah dengan facial foam dan air hangat. Mencuci muka harus dilakukan supaya susu pembersih beserta partikel debu yang masih menempel bisa terangkat sempurna.
  • Langkah terakhir : Gunakan penyegar atau toner secara merata hingga ke leher
  • Saran : pilih merk pelembab, pembersih dan penyegar yang cocok atau sesuai kondisi wajah. Pilih produk aman dari bahan-bahan alami saja, terutama kalau anda memiliki jenis kulit yang termasuk sensitif.

3. Pemakaian Scrub dan Masker

Cara perawatan ini dapat dilakukan secara berkala maksimal seminggu dua kali. Namun waspadalah memilih produk scrub dan masker untuk menghindari resiko ketidakcocokan.

Mengenai scrub, butir agak kasar pada scrub memang bermanfaat untuk mengangkat komedo tapi tentu tidak semua tipe kulit bisa menerima sentuhan scrub. Dan sebaiknya hindari scrub kalau anda memiliki jerawat berukuran cukup besar dan merah.

  • Basahi masker dan scrub menggunakan sedikit air sari mawar putih
  • Usap butir scrub pelan-pelan saja untuk mencegah kulit menjadi iritasi, dan fokuskan pada area hidung dan sekitar mulut.
  • Cuci wajah dengan air hangat lalu gunakan masker. Poles merata, diamkan selama 30 menit sampai masker terasa kering
  • Bilas bersih, terakhir pakailah penyegar
  • Saran : Pilih produk masker yang mengandung bahan-bahan alami dan cocok dengan kebutuhan wajah anda

4. Perawatan Alami : Mengolah Bahan Alami Menjadi Penyegar dan Masker

Kulit wajah bisa saja merasa lelah akibat rutin terpapar sinar matahari maupun produk perawatan yang tidak sepenuhnya alami. Maka bantulah kondisi kulit supaya bisa kembali bernafas lega, menjadi segar dan juga lebih cerah.

Dengan demikian, cara merawat wajah dengan langkah paling aman dan alami adalah back to nature! Peras sari-sari alami dari buah atau sayuran segar mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi penting lain untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Bersihkan wajah sebelum mengaplikasi masker atau penyegar alami. Gunakan air hangat.
  • Sari Lemon dan Madu :
    Peras satu buah lemon segar di wadah. Campur dengan sedikit madu. Usapkan merata pada wajah dengan pijatan lembut. Diamkan 30 menit. Cuci bersih.
  • Tomat dan Jeruk Nipis :
    Haluskan satu atau dua buah tomat menjadi pasta tomat. Ambil setengah adonan saja untuk sekali pemakaian. Teteskan air jeruk nipis. Balurkan ke seluruh wajah lalu diamkan. Bilas bersih.
  • Ketimun :
    Blender satu buah ketimun sampai agak hancur. Pisahkan air dari ampasnya. Gunakan ampas ketimun sebagai masker, sedangkan air sari ketimun masih bisa dimanfaatkan menjadi penyegar.
    Masukkan air ketimun ke dalam kulkas untuk diaplikasikan ke wajah sebelum tidur guna menyamarkan noda hitam. Khususnya guna memudarkan warna gelap atau sembab di sekitar mata, bisa dipakai dua potong mentimun utuh.
  • Minyak Zaitun :
    Inilah jenis minyak terbaik untuk perawatan tubuh terutama pada bagian wajah. Minyak zaitun dapat memberi kelembaban yang sangat mempengaruhi keremajaan kulit. Sekarang anda pun bisa memperoleh minyak zaitun dengan mudah di toko kecantikan.

Cara memakai minyak zaitun :

  • Sangat cocok dimanfaatkan sebagai campuran pada olahan masker dan penyegar alami, terutama sari lemon dan madu.
  • Setelah membersihkan wajah sebelum tidur di malam hari, balurkan dua sampai tiga tetes minyak zaitun pada kulit anda. Maka khasiatnya akan meresap selama anda beristirahat.

5. Tubuh Sehat, Wajah Segar

Kondisi tubuh sehat dan suasana hati penuh semangat akan mendung cara merawat wajah dari dalam diri sendiri.

  • Perhatikan nutrisi
    Tidak bisa disangkal lagi kalau kecukupan nutrisi akan sangat berpengaruh pada aura penampilan baik wajah maupun rambut, Rutin mengkonsumsi buah dan sayuran serta cukupkan minum air putih ataupun sari buah segar
  • Jangan lupakan manfaat olahraga, Mengolah keringat sangat dianjurkan untuk membuang energi negatif dari dalam diri, sehingga aura wajah memancar lebih cerah

Sekian dulu lima cara utama merawat wajah tanpa jasa “beauty care”, semoga dapat mewujudkan pesona cantik secara alami!

10 Cara Merawat Wajah Untuk Pesona Cantik Alami | admin CM | 4.5