Tepiskan Galau, Begini Cara Merawat Wajah Berminyak

Caramerawat.net – Hidup dengan anugerah wajah mengkilap jangan dibikin stress karena ada banyak cara merawat wajah berminyak. Dengan perawatan yang tepat pemilik wajah berminyak malah diuntungkan.

Kadar minyak atau sebum sebenarnya ampuh menjaga kelembaban kulit secara alami asalkan mengerti cara merawat wajah berminyak. Dengan produksi melimpah itulah, pemilik wajah berminyak harus telaten menerapkan oil control. Jika tidak maka kotoran, debu, dan bakteri dapat melekat pada kelenjar minyak. Penyumbatan memicu jerawat bertumbuh subur juga flek hitam sulit dihapuskan.

Namun dengan pengelolaan sebum secara baik maka wajah berminyak Anda tidak akan menemui masalah berarti. Keseimbangan minyak membuat wajah Anda lebih segar daripada pemilik kulit kering.

Cara Merawat Wajah Berminyak

Cara Merawat Wajah Berminyak

Apa saja, keuntungan memiliki wajah berminyak ?

  • Produksi minyak oleh kulit kita berperan penting sebagai mantel pelindung dari bakteri, paparan sinar matahari, dan masalah lain
  • Jumlah minyak alami dapat melindungi kulit wajah dari sifat kering dan kusam sehingga Anda bisa menghemat pembelian produk-produk pelembab
  • Kelebihan minyak juga cukup penting saat merias diri atau make-up. Cukup memilih bahan kosmetik yang ringan dan bebas kilap, sebab minyak wajah alami sudah membantu hasil riasan lebih merata
  • Paparan minyak alami mampu menjadikan kulit lebh kenyal. Oleh karena kulit wajah bisa menyimpan kelembaban super baik sehingga waktu penuaan dini pada kulit menjadi lebih lambat

Begini Cara Merawat Wajah Berminyak

Kelebihan minyak akan membuat wajah lebih cepat kotor sehingga bintik komedo serta jerawat susah disembuhkan. Jadi, memang sangat penting melakukan oil control supaya keuntungan wajah berminyak lebih timbul daripada efek berkilapnya.

  1. Menjaga Kebersihan Wajah
    Pastikan selalu membersihkan wajah setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Pilih sabun dengan kandungan organik dan bersifat penyembuhan alami. Atau pilihlah sabun pembersih khusus kulit berminyak dengan kadar kimia sedang.
  2. Aplikasikan Toner
    Setelah menggunakan facial foam khusus kulit berminyak, basahi kapas dengan cairan toner yaitu pembersih muka berkandungan astringent. Mengusapkan toner secukupnya pada bagian khusus penumpuk minyak (dahi, hidung, dagu) sangat membantu segala proses pembersihan wajah.
    Dengan toner, partikel kotoran di dalam pori yang masih menempel walaupun sudah dibilas air dan facial foam bisa terangkat menyeluruh. Apalagi jika Anda juga mengaplikasikan pembersihan total dengan susu pembersih serta penyegar sari mawar putih.
  3. Pakai Kertas Serap Minyak
    Pada waktu siang hari dan berkeringat, jangan lupa tempelkan kertas penyerap minyak wajah. Tekan pada bagian-bagian rawan tumpukan minyak seperti dahi, hidung dan dagu. Biarkan menempel maksimal 20 detik.
  4. Tidak Butuh Pelembab? Jangan Salah!
    Meskipun kelembaban alami pada kulit berminyak sudah terjaga tetapi sentuhan pelembab masih dibutuhkan. Meski kelihatan berminyak dan lengket tetapi lapisan dalam kulit masih tetap kering sehingga perlu dilembabkan oleh moisturizer. Jika tidak maka lapisan dermis akan terus memproduksi sebum sehingga partikel debu semakin melekat untuk menyumbat pori-pori. Akhirnya, jerawat bermunculan.
    Beberapa produk pelembab ada yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak sehingga Anda tidak perlu khawatir wajah akan semakin mengkilap ketika menggunakannya. Gunakan lebih banyak pelembab untuk area wajah yang kering dan secukupnya saja untuk mengatasi daerah penuh minyak.
    Dan satu hal penting, hindari pelembab atau produk perawatan kulit yang mengandung alkohol. Pemakaian produk beralkohol menambah produksi minyak alami semakin banyak. Wajah pun semakin berminyak.
  5. Steaming Uap
    Jika Anda pernah melakukan steaming di salon untuk perawatan rambut, kini pun Anda bisa melakukan steaming di rumah, dengan cara sederhana. Steaming atau penguapan ampuh untuk mengurangi kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori kulit.
  • Sebelum melakukan steaming bersihkan wajah dengan facial foam
  • Siapkan air panas, panci (atau baskom), dan handuk. Kemudian taruh handuk di atas kepala hingga menutupi telinga. Posisikan wajah berada tepat di atas baskom yang masih mengeluarkan uap air. Biarkan uap panas menghangatkan wajah untuk membuka pori-pori kulit.
  • Dalam keadaan kulit lembab, usapkan susu pembersih pada wajah dengan dan leher menggunakan kapas. Cara ini membuat kotoran dan minyak terangkat seluruhnya
  • Bilas sisa susu pembersih dengan air hangat. Terakhir, pakailah penyegar atau toner secukupnya. Usap merata untuk mengangkat sisa susu pembersih.

Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Memberikan nutrisi bagi wajah berminyak sangatlah penting guna menyegarkan nafas pori-pori. Dan tentu selain pemakaian aneka produk pembersih wajah non-natural, cara alami akan memberikan nutrisi tambahan yang paling seimbang. Misal dengan mengolesi wajah memakai masker alami seminggu dua kali, akan tepat guna menyerap minyak sekaligus membersihkan pori.

  • Sari Mentimun
    Blender halus satu buah mentimun segar. Oleskan pada kulit wajah sampai leher yang sudah dibersihkan. Tunggu kering sekitar 30 menit. Bilas sampai bersih
  • Pisang : mengandung Vitamin A, B dan E yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.
    Haluskan satu atau dua pisang matang. Tuang edikit air hangat, jika ada tambahkan pula tiga sendok makan plain yogurt (tawar) dan dua sendok makan madu murni. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih selama 20 menit. Bilas bersih.
  • Jeruk Nipis dan Pepaya : mengandung Vitamin C yang dapat membuat kulit lebih cerah serta mengurangi noda bekas jerawat.
    Peras sari lemon segar atau jika tak mendapatkan lemon, ganti dengan perasan air jeruk nipis. Haluskan daging pepaya secukupnya dan campur bersama sari jeruk. Balurkan merata dan tunggu meresp selama 20 menit. Bilas bersih
  • Tomat, Lemon, dan Yogurt
    Haluskan tomat dan tambah tetesan air jeruk lemon aduk merata. Jika ada, tambahkan dua sendok makan plain yogurt tanpa rasa. Balurkan menyeluruh ke wajah dan leher. Tunggu selama selama 30 menit. Bilas sampai bersih
  • Seledri
    Potong kecil-kecil daun seledri dan masukkan ke dalam air panas. Teteskan tetes air sari mawar putih. Biarkan air seledri selama 30 menit. Gunakan untuk membasuh wajah berminyak. Setelah itu tunggu 15 menit, bilas lagi dengan air hangat

Menjaga kebersihan wajah serta memperhatikan kecukupan nutrisi sesuai kebutuhan kulit, tentu menjadi kunci utama dalam cara merawat wajah berminyak. Anda juga harus memperhatikan bagaimana pola makan, keteraturan asupan gizi, serta kecukupan air bagi tubuh.

Dengan memilih nutrisi secara tepat maka kulit wajah berminyak bisa menjadi lebih kenyal lantas terjaga awet muda. Untuk itulah, perbanyak konsumsi buah segar, sayuran hijau, daging tanpa lemak, termasuk dengan rajin minum air putih. Juga hindari terlalu banyak makanan pedas dan gorengan karena memicu kelenjar minyak bekerja lebih aktif.

Namun jika masalah kulit wajah sudah terlalu berat dan solusi cara merawat wajah berminyak ini tidak mencukupi untuk mengatasinya, maka disarankan untuk menghubungi dokter spesialis kulit. Dengan begitu Anda bisa mengetahui penyebabnya secara medis dan jika tak ada lagi masalah, lakukan perawatan rutin seperti langkah-langkah yang sudah disarankan.

Tepiskan Galau, Begini Cara Merawat Wajah Berminyak | admin CM | 4.5